Jumat, 11 Oktober 2013

PENGANTAR ANIMASI

PENGERTIAN ANIMASI

Pengertian animasi menurut Ibiz fernandes, Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.

Dalam arti harfiah, animasi adalah menghidupkan, yaitu usaha untuk menggerakan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

Animasi komputer dibagi dua kategori, yaitu :
1. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada sistem animasi 2 dimensi, yaitu  mengomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Komputer hanya digunakan untuk proses sisip & clean up saja.

2. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi yang dilakukan penuh menggunakan komputer, dengan bantuan program 3 dimensi seperti 3D Studio Max, Maya, AutoCAD, dll.

Tiga Dimensi (3D) adalah setiap objek tiga dimensi yang mempunyai lebar, tinggi dan kedalaman (width, height and depth), dengan kata lain grafik 3D adalah grafik yang dipaparkan dalam bentuk 3 dimensi yang mempunyai koordinat x, y dan z.

setiap objek yang dibuat menggunakan software aplikasi 3 dimensi akan mempunyai dimensi lebar, tinggi dan kedalaman.

menurut Mark Giambruno, animasi 3 dimensi adalah manipulasi image dan objek 3D dalam bentuk animasi menggunakan kaidah pemodelan (modeling), pemetaan (mapping), pencahayaan (lighting), penggunaan kamera (camera), animasi (animation) dan proses render (rendering).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar